Search by category:
NEWS

Wisata Religi Museum Bambu Unik yang memiliki Filosofi tersendiri

Berbagai jenis bambu yang ada di Museum Bambu Unik milik Bapak Warno.
(Foto oleh Erlangga Wisnu Anggara)

Karangan – Banyak orang yang beranggapan bahwa bambu merupakan tanaman biasa yang sering kita jumpai. Namun berbeda dengan bapak warno, salah satu warga Desa Karangan, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo ini merupakan kolektor bambu unik yang menurutnya memiliki filosofi tersendiri.
Di mulai sejak tahun 2014, beliau sudah mulai mengumpulkan berbagai jenis bambu. Hingga saat ini sudah ada sekitar 750-800 bambu yang ada di dalam museumnya. Itu berlatar belakang beliau yang sudah berkecimpung di dunia bambu sejak tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya di Ponorogo,beliau juga mencari berbagai jenis bambu ini di wilayah Jawa Timur seperti Pacitan dan juga Banyuwangi. Namun menurut beliau Bambu yang ada di Ponorogo lah yang paling bagus dari segi kajian, energi alam dan perjuangannya karena bambu ponorogo ini komplit dan susah di cari.
Bambu yang di koleksi memiliki banyak jenis dan juga nama yang berbeda-beda diantaranya yaitu bambu sisik nogo, bambu selandang mukti sambung roso dan masih banyak lainnya. Namun menurut beliau bambu pethuk lah yang menjadi kesukaanya dan memiliki filosofi dalam. “kalian belum pernah mengerti bambu pethuk,karena kalau sudah pethuk (ketemu) pasti enak khasiatnya dan yang pasti juga mahal harganya.” Kata Pak Warno.
Bapak Warno juga mengatakan bahwa bambu-bambu tersebut tidak akan dijual. Beliau memang berniat mengoleksi karena bambu mempunyai energi alam dan juga kajian bagi manusia khususnya umat beragama islam.
(Artikel oleh Dito Engkus Syafi’i)

Post Comment