Search by category:
NEWS

Ternak Burung Puyuh

Foto Oleh Bayu AP

PONOROGO– Puyuh adalah unggas daratan yang kecil namun gemuk. Mereka pemakan biji bijian namun juga pemakan serangga dan masanya berukuran kecil darinya, mereka bersarang dipermukaan tanah dan berkemampuan untuk lari dan terbang dengan kecepatan tinggi namun jarak tempuh yang pendek. Beberapa spesies seperti puyuh jepang ini adalah puyuh yang diutamakan yaitu telurnya dan daging burungnya, dan selama ternak burung puyuh juga ada suka duka yang seperti dialami oleh peternak burung puyuh milik bapak Sirwono ini.

Terletak di Desa Wates Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Terinspirasi dari tetangganya kini usaha ternak burung puyuh milik bapak sirwono ioni duah memiliki omset hingga puluhan juta. Dalam menjalankan ternak burung puyuh ini sudah sejak tahun 2017 lamanya dalam ternak burung puyuh ini hal yang harus diperhatikan adalah menjaga kondisi kandang burunmg puyuh karena jika kandang ukurannya dan keberishannya tidak stabil maka burung puyuh tidak dapat berkembang dan jumlah produksi telurnya akan menurun. Ternak burung puyuh milik bapak sirwono ini pengambilan telur dilakukan waktu pagi hari dan setiap hari burung puyuhy bertelur.

Tidak hanya itu saja dalam ternah burung puyuh ini harus ekstra hati hati karena burung puyuh rentan terhadap cuaca seperti cuaca kemarau dan penghujan, bila musim kemarau burung puyuh relatif banyak yang mati karena udaranya yang begitu panas serta kelangkaannya terhadap bahan pangan burung puyuh itu sendiri seperti jagung.

Lebih menariknya lagi dalam ternak burung puyuh milik bapak sirwono ini bisa memiliki omset hingga jutaa. “biasanya dalam ternak puyuh ini omset bersih yang saya terima yaitu 3 jutaan setiap produksinya” ujar peternak burung puyuh bapak Sirwono. Nah untuk pemasarannya burung puyuh ini sudah ada pengepulnya sendiri yang siap menampung kapan saja.

Artikel Oleh Alam AG

Post Comment