Search by category:
NEWS

Terbengkalainnya Wisata Air Terjun Pletuk

Nampak air terjun yang mengalir namun sayang air nya
sudah tercemar oleh kotoran ternak warga.
(Foto oleh Bayu Aji)

PONOROGO– Kabupaten ponorogo memiliki beberapa air terjun yang indah, diantaranya adalah air terjun pletuk. Terletak di desa jurug kecamatan sooko kabupaten ponorogo.
Menurut legenda masyarakat sekitar kata pletuk merupakan kata kiasan yang penuh dengan misteri dan sangat dalam maknanya bagi kehidupan, dimana kata pletuk ini dapat dikonotasikan sebagai petuah leluhur yaitu apabila dikaitkan dengan sejarah desa jurug ada beberapa petuah yang pantas dilakukan oleh tokoh atay warga masyarakat yang ada di desa jurug ini.
Untuk menuju air terjun pletuk ini bisa ditempuh dengan membutuhkan waktu sekitar 60 menit dari pusat kota ponorogo dengan rata rata kecepatan 60km/jam. Disepanjang perjalanan menuju wisata air terjun pletuk anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah berupa kiri kanan hamparan perkebunan cengkeh yang hijau, rimbunan pepohonan yang asri menambah sejuhnya perjalanan menuju wisata air terjun pletuk ini.
Sebenarnya iar terjun pletuk ini tersedia berbagai fasilitas seperti toilet, warung makan, lokasi parkire dan lainnya namun sayangnya kunjungan jurnalis kami ke air terjun pletuk ini tidaklah baik. Banyak yang tidak terurus bahkan tempat tiketnya sudah tutup alias tidak ada penghuninya sama sekali serta tempat parkirnya sudah hampir roboh serta banyak kayu yang mulai lapuk.
Semoga untuk kedepannya air terjun pletuk ini bisa menjadi wisata andalan yang ada di desa jurug kecamatan sooko ini, dan kedepannya wisata ini bisa dibenahi oleh pihak pihak yang ada dan menjadi destinasi nomer satu andalan ponorogo.
(Artikel oleh Juwita Rani)

Post Comment