Tepung Aren Yang Mulai Langka

Proses pembutan tepung aren. (Foto Oleh Ludvita Isnandar)


Ponorogo – Pohon aren merupakan salah satu tanaman yang memiliki beribu manfaat dan hampir seluruh bagian pohonya dapat di olah menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita semua. Pohon yang memiliki usia hampir sama dengan usia manusia ini sudah mulai jarang di temukan di daerah Ponorogo.
Seperti yang di alami pak Rusik ia adalah salah satu pemilik pabrik pengilahan serat aren yang di olah menjadi tepung aren di Desa Jabung, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. ‚ÄúDulu di desa ini banyak warga yang memproduksi tepung aren tetapi karena kelangkaan pohon aren hanya tersisa 2 industri saja” ujarnya.
Berikut tahapan singkat dalam mengolah serat dari pohon aren hingga menjadi tepung aren tahap pertama kita harus mendapatkan pohon aren yang di dalam batangnya terdapat serat yang akan di proses menjadi tepung aren tahapan kedua belah batang aren hingga bagian terdalam sampai anda menemukan serat yang dapat di olah menjadi tepung aren, setelah anda mendapatlan batang yang memiliki serat yang dapat di olah lalu tahapan selanjutnya batang tadi di giling untuk memisajkan batang dengan serat arem dan setelah itu serat aren di rendam dan terus di aduk supaya timbul endapan di bawah permukaan air, nah endapan itulah yang di sebut tepung aren.
Tepung aren sendiri di jual dalam dua bentuk yaitu dalam bentuk kering dan bentuk basah untu dalam bentuk basah di jual dengam harga Rp.8.000 sedangkan dalam bentuk kering di jual dengan harga Rp.15.000 tepung aren sendiri dapat di gunakan menjadi bahan dasar pembuatan cendol dawet.
(Artikel Oleh Asfihan Nur Jihad)

Leave Comment

Your email address will not be published.