Search by category:
NEWS

Proses Pembuatan Tape Sambilawang

Bentuk tape sebelum dibungkus
Foto Oleh Alam AG

PONOROGO– pernahkah anda merasakan yang namnya tape? Ya tape adalah kudapan yang dihasilkan darinproses fermentasi bahan pangan berkabrohidrat sebagai substrat oleh ragi. Biasanya ragi pada tape untuk fermentasi mkoorganisme teruatama fungsi kapang dan jamu seperti Rhizopus Oryzae.

Nah disini terdapat proses pembuatan tape khas sambilawang yang diproduksi oleh Bpak Jemino, berawal dari tahun 2000 kini tape buatan bapak jemino sudah terkenal diberbagai daerah dengan ciri khasnya sambilawang tentunya

Nah untuk proses pembuatannya sendiri tape sambilawang ini pertama yaitu beras ketan maupun singkong dimasak dan dikukus terlebih dahulu sebelum dibumbuhi dengan ragi, nah setelah itu campuran itu ditiriskan lalu di lindungi dari udara terbuka alias ditutup menggunaklan kain dan membiarkannya diatas loyang selama semalam. Setelah kering lalu ditaburi dengan ragi biasanya bapak jemino ini dalam memproduksi tape 1 kg membutuhkan 1 butir ragi. Tidak hanya itu dalam proses pembuatannya tape sambilawang ini harus sekstra teliti karena biasanya jika ketan atau singkong setelah direbus belum kering selama ditiriskan maka tape atau singklong tersebut cepat kecut dan mudah busuk.

Leboih menariknya lagi enaknya tape khas sambilawang ini sudah menembus pasar yang ada di balong jetis setiap harinya. Biasanya bapak jemino ini menyetorkan tape sambilawangnya ini pukul 3 pagi karena tape nya itu dijual di pedagang pedagang sayuran yang ada dipasar tersebut.

Artikel Oleh: Rifha S

Post Comment