Search by category:
NEWS

Peternak Ayam Petelur Pulung

Nampak kandang ayam
Foto Oleh Bayu AP

PONOROGO– kebutuhanh telur sekarang ini teruslah meningkat stiap minggunya bahkan hariannya. Sekarang ini ada banyak olahan makanan yang berbahan dasar dari telur ayam yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Hal ini sangat memberikan peluang bagi peternak ayam petelur yang ada di desa singgahan.

Tepatnya didesa singggahan kecamatan pulung kabupaten ponorogo, berawal dari bula april 2017 usaha ayam petelur milik bapak… kini sudah memiliki omset lebih. Dsalam ternak ayam petelur ini yang harus diperhatikan adalah memilih ayam ras petelur yang unggul karena produksi telur ayamnya harus tinggi serta kualitas telurnya juga harus bagus pula. Ternak ayam petelur milik bapak… bisa dimulai dari umur 5 bulan dan dapat terus menghasilkan telur sampai umur menmcapai 1,5 hingga 2 tahun lamanya.

Tidak hanya itu saja dalam ternak ayam petelur ini harus klestra hari hati terhadap ayamnya karena ayam sangatlah sensitif terhadap cuaca panas dan suasana yang tidak kondusif seperti keramaian lingkungan sekitar hal ini bisa produksi telurnya menurun drastis. Untuk pemberian pakannya dilakukan setiap hari yaitu pagi dan sore hari tergantung dengan ayamnya sendiri

Lebih menariknya lagi hasil telur yang didapatkan oleh ternak ayam milik bapak sudah dipasarkan di beberapa pasar yang ada di pulung seperti pasar pulung, sooko, hingga pudak . biasanya dalam ternak ayam petelur ini juga harus disterilkan dari kotoran ayamnya sendiri karena untuk melangsungkan proses produksi telurnya itu sendiri.

Artikel Oleh Rifha S

Post Comment