Search by category:
NEWS

Perpustakaan Tidak Sekedar Tempat Untuk Membaca.

Pelatihan bordir yang sedang berlangsung di Perpustakaan Wigati Desa Glinggang. (Foto Oleh Ludvita Isnandar)


Ponorogo – Desa Glinggang Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo adalah salah satu desa yang mempunyai fasilitas perpustakaan desa. Perpustakaan yang mulai di buka di tahun 2015 ini sempat mati suri dan akhirnya di tahun 2019 ini perpustakaan desa Glinggang memiliki kemajuan. Perpustakaan Desa Glinggang juga mendapat bantuan berupa tiga komputer, dua rak, 1000 eksemplar buku 500 judul dan server. Saat ini perpustakaan Desa Glinggang mempunyai 2335 eksemplar. “Perpustakaan desa Glinggang adalah salah satu yang di ikutkan Seleksi Nasional dari 12 desa yang terpilih di Kabupaten Ponorogo” ujar Bu Suprapti selaku pengelola perpustakaan dan bendahara desa Glinggang.
Perpustakaan desa Glinggang sendiri merupakan perpustakaan yang berbasis Inklusi Sosial yang artinya perpustakaan tidak hanya melulu untuk membaca buku tetapi juga mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat. Perpustakaan desa Glinggang bekerja sama dengan BLK Karanglo Lor Kecamatan Sukorejo untuk mengadakan pelatihan. Pengelola perpustakaan mengajukan tiga proposal untuk pelatihan bordir, sablon, packing product dan semua proposalnya disetujui. Untuk saat ini di pelatihan yang masih terlaksana adalah pelatihan bordir yang diikuti oleh … warga. Pelatihan inipun diadakan secara gratis dan masyarakat pun mendapat makan siang dan uang sebesar Rp.15.000,. per harinya.
Dengan diadakannya pelatihan perpustakaan bertujuan menuntaskan kemiskinan dan warga dapat mempunyai teori untuk mendirikan suatu usaha dari pelatihan tersebut. Selain itu perpustakaan juga dapat membantu pemasaran barang atau hasil dari masyarakat secara online. Terkadang orang memandang perpustakaan sebelah mata tetapi sebenarnya perpustakaan menyimpan banyak pengetahuan didalamnya.
(Artikel Oleh Ludvita Isnandar)

Post Comment