Search by category:
NEWS

Peluang usaha jamur tiram

PONOROGO- Seiring dengan meningkatnya permintaan jamur tiram membuat peluang berkembangnya prospek yang menjanjikan. Jamur tiram sendiri adalah salah satu jenis jamur pohon, yang biasanya tumbuh dipohon yang sudah ditebang. Jamur tiram banyak dijumpai didaerah-daerah yang lembab dan sejuk karena memang jamur tiram membutuhkan tempat yang lembab agar bisa tumbuh.
Tetapi sekarang, tidak perlu lagi susah-susah mencari jamur tiram. Karena sudah banyak sekali orang yang membudidayakannya. Dan semakin lama, permintaan pemesanan jamur tiram semakin banyak, karena jamur tiram banyak orang yang suka dengan jenis jamur ini, yang memiliki tekstur kenyal dan rasanya yang enak. Tidak hanya itu, produk olahan dari jamur tiram juga ada banyak, mulai dari dijadikan jamur crispy, olahan sayur, dan lain-lain. Disamping itu semua, membudidayakan jamur tiram termasuk mudah dilakukan jika memiliki niat dan tekun dalam menjalaninya. Bisa dilakukan dirumah, sehingga dapat merawat jamur sekaligus melakukan kegiatan rumah tangga lainnya. Yang terpenting tahu bagaimana cara merawatnya. Itu bisa saja menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk Anda.
Pemasaran hasil panen jamur tiram juga penting dilakukan. Karena jamur tiram termasuk tanaman yang tidak memiliki umur panjang setelah dipanen, maka dari itu harus cepat laku setelah masa panen. Ada cara lain untuk tetap membuatnya bertahan sedikit agak lama, dengan menjadikannya sebagai produk olahan makanan, contohnya jamur crispy, itu bisa membuat jamur bertahan lebih lama.
Kenapa sih orang banyak yang suka dengan jamur? Ya, itu adalah pertanyaan yang bagus. Jamur kaya akan kandungan gizi dan vitamin yang baik bagi tubuh. Diantaranya protein, vitamin, asam amino, antibiotik, dan masih banyak lagi. Jamur juga baik untuk pengidap kolesterol karena jamur tidak mengandung lemak tak jenuh.
Jika ditekuni dengan serius, yang awalnya sebagai usaha sampingan, tetapi juga bisa menjadi usaha utama. Karena dengan modal awal yang tidak terlalu banyak, bisa menghasilkan keuntungan yang berkali lipat. Namun, perlu diketahui juga. Merawat jamur tiram walaupun terlihat mudah, tetapi harus benar-benar dijaga dalam perawatannya. Karena disetiap usaha yang kita dirikan pasti memiliki risiko. Nah risiko dari jamur tiram ini, diantaranya:

  1. Jamur tiram memerlukan perawatan khusus, jika kondisi pengembangan kurang lembab jamur tidak mau tumbuh besar.
  2. Jamur tiram mudah terserang hama dan penyakit. Karena itu, kita harus mengawasi secara berkala jamur yang kita kembangkan agar terhindar dari hama atau penyakit yang merugikan jamur kita.
    Dengan mengetahui risiko apa kira-kira yang akan kita hadapi saat membudidayakan jamur tiram, jadi kita tahu langkah terbaik apa yang harus kita lakukan. Agar usaha yang kita lakukan bisa berjalan baik, dan memberikan hasil sesuai dengan yang diinginkan.
    (Artikel: Septian Khadafi)

Post Comment