Search by category:
NEWS

Menyalurkan Hobby dan Berkreasi di Tengah Pandemi. Bisa Juga jadi Dekorasi.

AQUASCAPE, Melukis Pemandangan Dengan Media Aquarium.

Dirumah Aja selama berlangsungnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan oleh pemerintah dalam beberapa bulan terakhir membuat sebagian besar masyarakat mengalami kejenuhan dan kebosanan. Namun, dengan diterapkannya kebijakan pemerintah yang mengharuskan masyarakat menghabiskan waktu dirumah tersebut tidak hanya menyisakan kejenuhan dan kebosanan saja. Dengan banyaknya waktu yang dihabiskan dirumah saja, kini sudah banyak bermunculan berbagai kegiatan penyalur hobby untuk menghilangkan kepenatan selama betada dirumah. Jika kita perhatikan, dalam beberapa bulan terakhir banyak bermunculan moda transportasi yang sebelumnya sudah jarang kita temui, yakni sepeda kayuh yang eksistensinya terpinggirkan karena adanya sepeda motor. Selama berlangsungnya penerapan PSBB ini banyak kita temui pesepeda yang mengaspal di sepanjang jalan, terutama pada waktu pagi dan sore hari. Bahkan tak sedikit juga bermunculan komunitas sepeda yang berkegiatan di malam hari. Meskipun bersepeda dengan bergerombol masih menjadi pro dan kontra dengan diterapkannya PSBB.

Tak hanya bersepeda, hobby membangun pemandangan dengan media aquarium yang dikenal dengan AQUASCAPE pun mulai kembali digemari. Berbeda dengan bersepeda, membangun Aquascape dapat dilakukan dengan tidak meninggalkan rumah karena memang dalam prakteknya dilakukan dan disimpan tidak untuk kondisi luar ruangan (outdoor). Hobby yang kembali digemari lagi sejak populer pada kisaran tahun 2010 ini pun dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan bagi para pemula, dan dapat menjadi alternatif usaha bagi teman-teman yang terpaksa dirumahkan sementara akibat terdampak pandemi. Membangun Aquascape tidaklah sulit, namun juga tidaklah mudah. Gampang-gampang susah lah, yang paling panting adalah tlaten dan ulet, “kata Pak Cahyo, pemula Aquascape yang telah berhasil membangun Aquascape di rumahnya”. Pada dasarnya membangun Aquascape memang memiliki kemiripan dengan membuat aquarium ikan. Namun secara proses berbeda, aquarium lebih mengutamakan pada pemeliharaan ikan, sedangkan Aquascape lebih kepada membangun ekosistem didalam air yang memprioritaskan pada pemeliharaan tumbuhan. Maka tak sedikit yang menyebut Aquascape dengan membangun kehidupan bawah air.

Dalam pembuatan Aquascape, konsep maupun ide bebas dilakukan sesuai kreatifitas masing-masing. Ada yang membuat dengan konsep hutan, laut, pantai, sungai, tebing dan lainnya dan lain sebagainya. Bahan-bahan yang digunakan dalam membangun Aquascape cukup mudah didapat di sekitar kita. Kita hanya perlu mencari berbagai tumbuhan yang hidup di sekitar aliran air seperti sungai, parit, kolam, Sawah, dan lainnya kemudian mengaplikasikan kedalam media yang telah kita siapkan. Dengan Aquascape kita juga dapat belajar dan juga memberi pelajaran kepada adik/anak-anak untuk rajin menanam, memelihara, dan menjaga ekosistem alam dimulai dengan Aquascape.

Dan bonus paling memuaskan dari membuat Aquascape adalah publikasi atas pencapaian yang telah kita lakukan dalam membuat Aquascape. Tidak perlu publikasi yang berlebihan, cukup letakkan Aquascape buatan kita di sudut ruang tamu sudah merupakan publikasi. Anda bisa berkarya, anda bisa belalar, anda juga turut memberi pelajaran, ruang tamu anda juga lebih berwarna. Bagaimana..?? Tertarik membangun Aquascape..?? Coba aja…!!! (hmz)

Post Comment