Menikmati Segarnya Dawet Jabung Bu Sumini

Tingkatkan Literasi Media, Cendekia dalam Berkomunikasi, dan Momen Bahagia Bersama Kami.

Menikmati Segarnya Dawet Jabung Bu Sumini

9 December 2019 NEWS 0
Dawet Jabung Bu Sumini yang ramai pengunjung. (Foto oleh Isna N.H)

Ponorogo – Dawet Jabung adalah minuman yang cukup populer di Indonesia. Dawet Jabung merupakan minuman dari cendol dengan air gula merah dan santan, dipadukan bersama ketan hitam, dan gempol, atau gumpalan dari tepung beras yang dibuat bulat.
Dawet Jabung yang sudah memasuki generasi ke tiga ini, cukup terkenal di daerah Jabung Ponorogo. Konon, Dawet Jabung Bu Sumini adalah pelopor dawet yang dijual di Jabung. Bisa dikatakan, Dawet Jabung Bu Sumini adalah dawet tertua di Jabung.
Dawet legendaris ini dapat anda jumpai di perempatan lampu merah Jabung, dari yang mana hanya sekitar 15 menit dari pusat Kabupaten Ponorogo, letak yang strategis, dimana dekat dengan lampu merah Jabung Mlarak Ponorogo, menjadikan tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.
“Mungkin karena dawetnya enak mbak, jadi pengunjungnya banyak, ada dari dalam dan luar kota juga,” terang Dina, pewaris generasi ke tiga usaha Dawet Jabung Bu Sumini ini.
Dawet seharga Rp. 4.000 per mangkuknya ini terasa sangat segar saat diminum di siang hari. Bertemankan gorengan seperti pia-pia, tempe, dan sejenisnya, membuat dawet semakin mantap. Dawet jabung juga mempunyai keunikkan di penyajiannya, yaitu tatakan mangkuk dawet.
Kita dilarang mengambil tatakan dawet saat penjual dawet menyerahkan pada kita karena itu sama saja seperti melamar si penjual dawet. Lalu apabila si penjual memberikan tatakannya, maka ia menerima lamaran si pembeli dawet. Keunikkan ini hanya diketahui oleh warga asli Ponorogo.
“Ya kalau pas saya sajikan pembeli ambil mangkuk bersama tatakannya, berarti dia bukan orang Ponorogo, dan kalau saya jelaskan mereka biasanya tertawa malu,” jelas Dina.
(Artikel oleh Dewi Bela)

Leave a Reply

Your email address will not be published.