Mengenal Jaran Thek, Seni Eksotik Dari Jawa

Tingkatkan Literasi Media, Cendekia dalam Berkomunikasi, dan Momen Bahagia Bersama Kami.

Mengenal Jaran Thek, Seni Eksotik Dari Jawa

9 December 2019 NEWS 0
Topeng jaran thek yang masih setengah jadi. (Foto Oleh Ludvita Isnandar)

Ponorogo – Budaya Indonesia memang sangat beragam. Semua budaya tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu budaya yang ada di Indonesia yang cukup terkenal adalah budaya Jaran thek yang berasal dari pulau Jawa tepatnya kota Ponorogo. Ciri utama pemain jaran thek adalah bertingkah aneh dengan mata memerah dan kebal terhadap benda-benda tajam. Jika dilihat jaran thek itu seperti tarian jatilan namun terdapat warok sejenis barongan, hanya ada satu orang saja didalamnya. Sebelum memainkan biasanya dilakukan ritual khusus yang masih bercampur mistis.
Banyaknya peminat jaran thek ini menjadi peluang besar bagi pengrajin. Apalagi jumlah pengrajin jaranan tidak banyak.
Salah satu pengrajin jaran thek itu adalah Puji (29 tahun) warga Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Sejak 2014, Puji menekuni usaha jaranan thek ini. Awalanya ia mengaku hanya diajak temanya karena lebih dulu membuat kerajinan seperti ganongan. Dari situlah Puji memulai usahanya yang awalnya hanya belajar dan meniru temanya. “Semakin mempelajari dan menekuni akhirnya lama kelamaan semakin berkembang sampai sekarang“ujar Puji.
Untuk prosesnya Puji menggunakan kayu waru dan dadak yang dibentuk dan diukir sesuai dengan wajah jaran theknya. Selain itu Puji juga menggunakan bahan kulit sapi dan kulit kerbau sebagai mahkotanya. Puji bisa mengerjakan selama kurang lebih 3 minggu dari proses awal sampai selesai. Hasil karyanya sudah dikenal hingga luar Kota Ponorogo.
Budaya Indonesia jaranan thek memang harus terus dilestarikan agar anak cucu kita nanti bisa melihat keanekaragaman budanya yang penuh cerita.
(Artikel Oleh Salsa Okta B.)

Leave a Reply

Your email address will not be published.