Search by category:
NEWS

MAKAM KERAMAT DI TENGGARA KOTA PONOROGO

(Photo by Fera Siska Yuliana)

PONOROGO – Kota Ponorogo dikenal dengan kota religi, ada banyak pondok pesantren dan madrasah yang dibangun di kota ini. Selain itu ada beberapa makam tokoh penyebar agama islam, salah satunya adalah makam keramat yang berada di Desa Grogol Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Makam ini terbilang tersembunyi karena berada di tenggara kota Ponorogo dan berjarak kurang lebih 21 km dari pusat Kota Ponorogo.
Penduduk sekitar menyebutnya sebagai Makam Keramat Gedong. Tokoh yang dimakamkan disini adalah Mbah Ki Sidik Permono atau yang dikenal dengan Mbah Ageng oleh masyarakat sekitar. Mbah Ki Sidik Permono adalah penyebar agama islam pertama di Ponorogo bahkan sebelum Raden Batoro Katong. Beliau merupakan orang asli Majapahit. Ada 10 orang lainnya yang juga dimakamkan disini. Diantaranya putra beliau, kerabat, dan asisten beliau semasa hidup. jika kita masuk ke Makam Gedong ini kita akan disambut oleh pohon terembesi besar dan sebuah gazebo. Aroma dupa juga kadang masih tercium sisa peziarah yang datang.
Menurut Pak Suriyanto (juru kunci makam gedong) banyak peziarah yang datang dari luar Pulau Jawa diantaranya Kalimantan, Sumatra, dan lain sebagainya. Ada juga peziarah yang datang dari Negara Malaysia. “Biasanya juga banyak pejabat yang datang kesini mas untuk dilancarkan dalam proses pencalonannya” imbuhnya. Apalagi menginjak bulan suro dan menjelang hari Raya Idul Fitri, paling ramai peziarah yang datang. Ada juga larangan bagi wanita yang sedang halangan untuk tidak memasuki areal makam.

Post Comment