Search by category:
NEWS

Gunung Mangge, Saksi Cinta yang Tak Terbalas

Gunung mangge wisata alam yang menyimpan cerita kisah tentang cinta. (Foto oleh Isna N.H)
Ponorogo – Gunung Mangge adalah sebuah gunung di Desa Sidorejo, masuk wilayah Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo. Gunung Mangge lebih dikenal karena legenda kisah cinta yang tak terbalas.
Hal ini diyakini warga dapat dibuktikan dengan terowongan selokan misterius yang bahkan tidak semua warga sekitar mengetahui letak pastinya dan sejarah terowongan itu secara nyata. Tim liputan menemui Duryatin, seorang warga sekitar yang bercerita pada kami tentang legenda itu. Legenda yang lebih dikenal dengan Rara Kandreman anak dari Ki Ageng Mangge, dan Ki Ageng Mangli.
Ki Ageng Mangli yang tidak lagi muda bermaksud melamar anak Ki Ageng Mangge, Rara Kandreman yang terkenal akan kecantikannya. Tidak enak menolak, Ki Ageng Mangge memberikan persyaratan agar Ki Ageng Mangli membuat terowongan air yang menembus gunung hingga ke depan rumah Ki Ageng Mangge dalam semalam. Di luar dugaan, Ki Ageng Mangli menyanggupi pesyaratan itu.
Mengetahui Ki Ageng Mangli yang sakti hampir berhasil, Ki Ageng Mangge membangunkan warga untuk mengeluarkan ayam, membuat api, dan menumbuk lesung agar Ki Ageng Mangli mengira hari telah pagi. Ki ageng Mangli yang tahu taktik itu pun mengejar Rara Kandreman dan Ki Ageng Mangge, membiarkan terowongan air yang sudah jadi itu terbengkalai. Ki Ageng Mangli berhasil mengejar Rara Kandreman di sebuah tanah, akan tetapi karena mereka bertengkar, maka tanah tempat mereka bertengkar disebut Desa Prajegan.
“Seharusnya kalau tidak cocok menolak saja, tidak membuat siasat atau persyaratan yang rumit,” terang Duryatin mengomentari kisah yang baru saja ia sampaikan pada tim liputan.
Terowongan selokan air tersebut masih ada, dan membuat daerah seberang tidak pernah mengalami kekeringan, Gunung Mangge sendiri juga masih ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, tetapi tidak semuanya tahu kisah cinta tak terbalas Ki Ageng Mangli.
(Artikel oleh Zharifah A)

Post Comment