Search by category:
NEWS

GERABAH BU JARIYEM, ASLI PLANCUNGAN PONOROGO

Tampak foto Bu jariyem bersama jurnalis IKOMEDIA menunjukkan gerabah yang siap jual
(Foto oleh : Dwi Purwanto)

Setiap hari tentunya kita membutuhkan yang namanya wadah. Untuk apapun itu. Wadah ada berbagai macam bentuk dan ukuran, ada yang plastic, kaca, alumunium, dan lain-lain. Ada wadah yang sejak dari zaman dulu digunakan yakni gerabah. Memiliki berbagai bentuk dan fungsi. Kali ini kami berkesempatan mengunjungi salah satu produsen gerabah yang berada di desa plancungan kecamatan slahung kabupaten ponorogo. Bu jariyem namanya.
Sejak kecil bu jariyem sudah membuat Gerabah dengan bentuk kendi. Namun untuk saat ini bu jariyem sudah memproduksi gerabah dengan berbagai jenis dan ukuran karena makin banyaknya pesanan pasar. Bu jarimen bisa memproduksi 30-an jenis gerabah. Mulai dari kendi, keren, cangkir, pot bunga, dan masih banyak lagi. Untuk bahan baku pembuatan gerabah ini bu jariyem menggunakan jenis tanah dari lain desa yakni di ringin anom.
Dengan perabotnya (alat membuat gerabah) Bu jariyem bisa membuat satu jenis gerabah dalam waktu kurang lebih 15 menit. Dalam jenis pewarnaan gerbah ini nu jariyem mempunyai dua warna, yaitu merah dan hitam. “Kalau yang warna merah itu dibakar langsung tidak diberi campuran apa-apa, kalau yang warna hitam itu diberi diberi daun trembesi saat proses pembakaran.” Ungkap bu jariyem. Untuk pembakaran gerabah ini memakan waktu kurang lebih sekitar 2 jam.
(Artikel oleh : Dwi Purwanto

Post Comment