Search by category:
NEWS

Benda Yang Berjasa Dibalik Pembuatan Sunduk Bambu

Pak Teguh ditemani cucunya sedang memotong bambu dengan mesin sunduk. Rabu (6/12/19). Foto Oleh : Dwi Purwanto

PONOROGO – Sunduk bambu atau yang biasa dikenal dengan tusuk bamboo seringkali benda kecil ini digunakan dalam kuliner. Beberapa makanan menggunakan sunduk ini sebagai ciri khas, dan banyak pula pedagang serta para pembuat makanan menggunakan sunduk bambu sebagai salah satu benda penting dalam produk yang diciptakan. Selain tahan panas, sunduk bamboo juga ramah lingkungan. Dengan memanfaatkan bambu yang mudah dicari ini Pak Teguh beserta keluarganya yang berasal dari kecamatan Sampung ini mulai memproduksi sunduk bambu sejak tahun 2015. Sunduk buatan keluarga Pak Teguh yaitu untuk sunduk pentol goreng dan bakar, tempura, dan sosis. Dengan berbagai ukuran diameter dan panjang yang berbeda dalam sehari Pak Teguh dan keluarga mampu memproduksi 30kg sunduk bambu.
Rahasia dibalik berbagai ukuran diameter dan panjang dari sunduk bambu ini yaitu dengan adanya mesin pemotong bambu. Setelah bambu dipotong menggunakan golok sesuai dengan ukuran yang diinginkan setelah itu dipotong lagi menggunakan mesin sunduk sebanyak 2x untuk menghasilkan diameter yang lebih kecil lalu sunduk-sunduk dijemur dan dipoles hingga bersih. Mesin – mesin sunduk ini dibeli dari kota Malang dan Karanganyar dengan harga yang lumayan fantastis. Mesin-mesin ini cukup awet, “Kalau mesin yang ini, sama itu dari tahun 2015. Kalau mesin yang ini baru dari 2018 belum ada 2 tahun” ujar Bu Teguh.
Banyak hal disekitar kita yang bisa dimanfaatkan jika kita mampu berfikir inovatif dan kreatif untuk mengolahnya. Bahkan limbah pun yang tadinya dianggap sampah mampu menjadi barang berguna seperti sunduk bambu ini. Suatu cara untuk mengurangi sampah yang ada dibumi namun masih bisa bermanfaat bagi orang lain.

Post Comment