Search by category:
NEWS

Asal-Mula Sekolah Panti Prihatin

Kesugihan – Sebelum dibangunnya Panti Prihatin, Purwo Ayu (sekolah pertama) berdiri di Banyuwangi pada tahun 1912 didirikan oleh Raden Djoyo Poernomo. Sekolah ini didirikan untuk melestarikan kebudayaan yaitu budaya Jawa, mulai dari unggah-ungguh, kerukunan, dan keagamaan untuk beribadah kepada yang Maha Kuasa. Seiring berjalannya waktu Raden Djoyo Poernomo ingin membuat pemecahan sekolah dengan mengamanatkan kepada muridnya yaitu Ki Marto Utomo untuk mendirikan sekolah di Ponorogo bagian timur, wilayah lereng gunung Wilis, sumbu selatan-barat.
Pada tahun 1949 Ki Marto Utomo diberi ijin oleh Raden Djoyo Poernomo sebagai perwakilan sesepuh yang ditempatkan di Ponorogo. Dengan berjalannya waktu 1961 Panti Prihatin ini mulai didirikan karena sudah banyak masyarakat yang sudah bergabung. Mayarakat bergotong royong dengan memberikan apapun yang dimiliki demi terbangunnya tempat ini.
Untuk mewujudkan keinginan para sesepuh mengabdi kepada Negara, didirikan sekolah umum dan diberi nama ST Ponco Utomo yang dimaksutkan sebagai para pendirinnya yang tergabung dari 5 kelurahan yaitu kelurahan Kesugihan, keluarahan Plunturan, Kelurahan Pomahan, Kelurahan Serag, dan keluragan Wayang. Menepati tanah yang berada di Kesugihan dengan dana iuran. “dana yang digunakan dulu iuran. Yang punya kayu bawa kayu, yang punya makanan bawa makanan ya seperti itu” ujar Sumadi cucu Ki Marto Utomo
Pada tahun 1969 sekolah yang dibangun ini kemudian diserahkan kepada pemerintah dengan nama ST Negeri Ponco Utomo. Selain dalam bentuk pendidikan dibangun juga pusat kesehatan masyarakat yang saat ini masih digunakan sebagai puskesmas Kesugihan.

Post Comment