Merdunya Kicauan Burung Gantangan Ponorogo

Kebutuhan Informasi Anda adalah Motivasi Bagi Kami

Merdunya Kicauan Burung Gantangan Ponorogo

3 Juli 2019 NEWS 0

 (Masyarakat yang sedang melihat event gantangan burung) foto by : ardhimas

 

PONOROGO – Bagi anda para pecinta burung atau biasa disebut kicau mania di Kabupaten Ponorogo mungkin sudah tidak asing lagi dengan event gantangan burung. Banyaknya para pecinta burung khususnya di wilayah barat Kabupaten Ponorogo membuat komunitas Bujang Ganong Bird Club mengadakan event gantangan burung atau latihan bersama secara rutin di Desa Carat Kecamatan Kauman, tepatnya di Jalan Cacaran Dukuh Wetan Dalem. Puluhan bahkan ratusan peserta dari berbagai daerah pun turut berpartisipan untuk melatih burung peliharaan mereka di event tersebut.

Event tersebut sudah diadakan sejak bulan September tahun ini dan dilaksanakan di setiap hari Kamis sore pukul 15.00 WIB serta Sabtu malam pukul 19.30 WIB. Biaya pendaftarannya pun tergantung dengan jenis burung yang dilombakan, ada yang 10 ribu rupiah dan ada juga yang 20 ribu rupiah. Untuk total hadiahnya sendiri juga tergantung dari jumlah burung yang dilombakan, dan juri yang menilai berasal dari Paguyuban Juri Independen Kabupaten Ponorogo. Selain hadiah berupa uang pembinaan, para pemenang juga akan mendapatkan trofi dan piagam dari Bujang Ganong Bird Club Ponorogo. Sebenarnya bukan soal lomba semata, tapi dibalik itu para panitia dari event tersebut juga memiliki tujuan untuk menciptakan lapangan kerja baru khusunya di area event berlangsung.

“Yang terpenting bukanlah hadiah yang diperebutkan, melainkan terciptanya lapangan pekerjaan baru dari diadakannya event ini. Masyarakat sekitar banyak yang memanfaatkannya dengan berjualan minuman, jualan makanan, berjualan pakan burung dan aksesoris lain bagi para kicau mania, serta karang taruna di lingkungan sekitar dapat membuka lahan parkir yang hasilnya nanti dapat digunakan untuk mengisi kas mereka.” ujar Bapak Anang selaku ketua panitia event tersebut. 05/12/2018

Menurut Bapak Anang, kebanyakan peserta yang ikut berpartisipasi berasal dari kicau mania bagian barat Kabupaten Ponorogo karena memang satu satunya event gantangan di bagian barat kota atau biasa dikenal dengan sebutan wilayah kulon kali. (Ardhimas Nugraha Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *